Kamis, 06 Desember 2012

Kumpulan Khutbah Jum'at Terbaik

Kumpulan Khutbah Jum'at Terbaik

Bangsa Indonesia Akan Baik, Jika..?

bangsa indonesia akan baik
Keterpurukan ekonomi dan moneter yang melanda Indonesia dan beberapa negara lainnya berdampak mengenaskan bagi kehidupan masyarakat kelas ekonomi bawah, khususnya, angka kemiskinan semakin membengkak. Angka di bawah garis kemiskinan juga semakin besar. Keterpurukan ekonomi dan moneter yang dimulai sejak 1997 M. di Indonesia telah didahului oleh krisis moral dan akidah, krisis kejujuran, dan keteladanan. (Redaksi, www.khotbahjumat.com)

Realisasi Cinta Kepada Nabi Shallallaahu ‘Alaihi wa Sallam

Realisasi Cinta Kepada Nabi Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam
Kecintaan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah perintah agama. Tetapi untuk mengekspresikan cinta kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak boleh kita lakukan menurut selera dan hawa nafsu kita sendiri. Sebab jika cinta Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam itu kita ekspresikan secara serampangan dan tanpa mengindahkan syariat agama, maka bukannya pahala yang kita terima, tetapi malahan dapat menuai dosa. (Redaksi, www.khotbahjumat.com).

Shalat Jumat

shalat jumat
بسم الله الرحمن الرحيم

Shalat Jumat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
 إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمُ الْجُمُعَةِ : فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيْهِ قُبِضَ وَفِيْهِ النَّفْخَةُ وَفِيْهِ الصَّعْقَةُ فَأَكْثِرُوْا عَلَيَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِيْهِ فَإِنَّ صَلاَتَكُمْ مَعْرُوْضَةٌ عَلَيَّ ) قَالُوْا : يَا رَسُوْلَ اللهِ وَكَيْفَ تُعْرَضُ عَلَيْكَ صَلاَتُنَا وَقَدْ أَرَمْتَ ؟  فَقَالَ : ( إِنَّ اللهَ عَزَّوَجَلَّ حَرَّمَ عَلىَ الْاَرْضِ أَنْ تَأْكُلَ أَجْسَادَ الْاَنْبِيَاءِ
Sesungguhnya di antara hari yang paling utama adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, Adam diwafatkan, sangkakala ditiup dan pada hari itu terjadi kematian (setelah ditiup sangkakala). Oleh karena itu, perbanyaklah bershalawat kepadaku, karena shalawatmu akan ditampakkan kepadaku.” Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, bagaimana shalawat kami ditampakkkan kepadamu sedangkan Engkau telah menjadi tanah?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi memakan jasad para nabi.” (Shahih, diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ibnu Majah dan Nasa’i). (Redaksi, www.khotbahjumat.com) Continue reading →

Khutbah Iedul Adha

Qurban
Masyarakat arab jahiliah juga melaksanakan ibadah menyembelih hewan qurban yang merupakan diantara sisa ajaran Nabi Ismail yang masih mereka lestarikan. Akan ketika menyembelih hewan qurban, darah hewan qurban tersebut mereka tampung lantas darah yang kotor tersebut mereka gunakan untuk melumuri tembok Ka’bah. Demikian pula dagingnya mereka gosok gosokkan ke dinding Ka’bah. (Redaksi, www.khotbahjumat.com).

Menyambut Idul Adh-ha

menyambut idul adha
Saat ini kita berada di salah satu hari raya umat Islam, yaitu Idul Adh-ha; hari di mana kita disyariatkan berkurban. Hari raya ini, Allah sebut dalam kitab-Nya dengan nama hari Haji Akbar (lihat surah At Taubah: 3). Disebut demikian, karena sebagian besar amalan haji dilakukan pada hari ini. Oleh karena itu, hari ini (yakni hari nahr) adalah hari yang paling agung di sisi Allah. (Redaksi, www.khotbahjumat.com).

Menyambut Idul Adha

hewan-qurban-dari-hamba-allah
Khutbah Jumat: Menyambut Idul Adha
Khatib: Ustadz Abdussalam Busyro, Lc. (Staf Pengajar Ponpes Hamalatul Qur’an, Bantul) Continue reading →

Read more about khutbah jumat by khotbahjumat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar